Labels

Friday, December 6, 2013

Pendapat Tentang Damapk (+) dan (-) Permainan Online dan Jejaring Sosial

Dampak Negatif dan Positif Jaringan Sosial

Dampak positifnya adalah :
1. Berkat situs jejaring sosial ini kita jadi lebih mudah berinteraksi dengan pengguna-pengguna lain yang memanfaatkan situs jejaring sosial ini untuk memperluas pergaulan.
Jadi dengan adanya jaringan sosial melalui internet kita dapat mendapatkan teman banyak, baik dari kota yang kita tinggali sekarang ini bahkan kita juga bisa mendapatkan teman luar kota, luar negeri, luar benua, dan selain itu kita juga dapat bekkomunikasi dengan artis / pemain sepakbola / bintang film / anggota grup band yang kita idolakan. Tapi perlu diingat ya jejaring sosial ini nggak bisa buat nyari temen or komunikasi ma ALIEN. >.<2. Bisa juga dijadikan media promosi bisnis atau sebagainya.
Di jaringan sosial banyak pengusaha / perusahaan yang mempromosikan barang dagangannya di Internet. Selain itu mereka juga menawarkan jasa pesan antar dengan biaya yang relative murah. Dengan cara ini juga sebuah perusahaan tidak perlu banyak mengeluarkan uang biaya brosur, iklan di TV, maupun iklan di RadioSedangkan dampak negatifnya adalah :1. Menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain di sini, sehingga mengharuskan kita banyak mengeluarkan uang yang mungkin kurang bermanfaat,
Daripada menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain GAME ONLINE, lebih baik menambah & mencari ilmu, kalo nggak gitu ya cari latihan-latihan soal, ngerjain tugas, ato main GAME FOR SMART. Kan kalo kita main GAME FOR SMART kita bisa tahu kemampuan kita dalam mengerjakan soal tertentu. ( Kok ayas jadi kayak promosi ye).2. Dapat menyebabkan stress yang dibawa penyakit ini yaitu aktivitas otak dan tekanan darah meningkat karena terisolir dari internet,
Kalo yang kayak gini aku sering ngalamin, tahu nggak kalian aku bisa jadi stress Cuma gara-gara nunggu LOADING…… yang selesai-selesai, bikin nggak BeTe gimana Hayooooooo….. :’(3. Menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS) yaitu gangguan fungsi mata yang disebabkan oleh radiasi monitor. Sering terjadi rasa nyeri di Punggung penderita karena syaraf di punggungnya terganggu akibat radiasi monitor.
Zaman sekarang ini udah ada banyak orang yang kena mata minus(-) karena kebanyakan main di depan computer, tapi kebanyakan orang nggak sadar kalo mereka udah kena radiasi yang terlalu tinggi. Trus abis itu mereka jarang sekali minum air putih banyak selese berhadapan ma computer lama banget. (Kok kayak nyindir gue ndiri yaa)4. Selain itu, berdampak pada sisi-sisi biologis manusia. Di antaranya, mengubah alur kerja gen, menghambat respons sistem imun, tingkat hormon, dan fungsi arteri serta memengaruhi kondisi mental. Buntutnya, hal tersebut potensial meningkatkan risiko gangguan kesehatan seperti kanker, stroke, penyakit jantung, dan dementia (semacam kelainan jiwa).
5.Mengurangi makna pentingnya komunikasi itu sendiri.
Kemampuan sosialisasi manusia makin tergerus, begitu juga dalam memahami bahasa tubuh lawan bicara. ”Ini mungkin mekanisme evolusioner yang menunjukkan kepada kita bahwa hadir bersama dalam satu wilayah geografis itu lebih bermanfaat,” ungkapnya. Sigman menandaskan, ”Pasti ada perbedaan antara kehadiran nyata dan penampakan virtual”.
•Perilaku berkurangnya aktifitas -berinteraksi langsung secara face to face terhadap orang lain juga dapat meningkatkan risiko kesehatan yang serius, seperti kanker, struk, penyakit jantung, dan dementia (kepikunan).
Tanpa kita sadari radiasi dari alat elektronik yang semakin canggih semakin besar radiasinya semakin besar.Selain dampak diatas juga sering kita kenal dengan sebutan kecanduan internet.
Kecanduan internet disebut sebagai Internet Addiction Disorder (IAD). Berikut ini beberapa tanda - tanda umum kecanduan internet yang di sebutkan oleh Stephen Juan, Ph.D. seorang antropolog di University of Sydney dan ada beberapa penambahan dari saya, antara lain :
1. Lupa waktu, selalu ingin menghabiskan lebih banyak waktu di internet sehingga akan menguras waktu efektif yang ada.
2. Jika tidak menggunakan internet, muncul gejala-gejala penarikan diri seperti perasaan stress, kecemasan, gelisah, mudah tersinggung, bergetar, menggigil, gerakan mengetik tanpa sadar, obsesif, hingga berkhayal atau bermimpi mengenai Internet.
3. Jika terhubung dengan internet, gejala-gejala penarikan diri tersebut akan hilang atau berkurang.
4. Mengakses internet lebih lama dari apa yang menjadi tujuan awal.
5. cukup banyak porsi kegiatan yang digunakan untuk aktifitas yang terkait internet, termasuk e-mail, browsing, dan chatting.
6. Mengurangi kegiatan penting, baik dalam pekerjaan, sosial atau rekreasi, demi menggunakan internet. Yang ada dalam pikirannya hanya internet dan internet, bahkan ketika dia sedang belajar, bermain atau bahkan sebelum tidur dia pasti berpikiran pada internet.
7. Hubungan sosial, pekerjaan, atau pendidikan terancam terganggu. Hal ini terjadi karena penggunaan internet yang berlebihan sehingga orang yang kecanduan internet tidak mempunyai waktu untuk berinteraksi atau mengerjakan hal lain yang sebenarnya bermanfaat.Biasanya sifat orang yang kecanduan internet lebih tertutup, karena dia lebih sering berada pada dunianya sendiri dan jarang berinteraksi dengan orang lain.
8. internet digunakan untuk melarikan diri dari perasaan bersalah, tidak berdaya, kecemasan, dan depresi.
9. menyembunyikan penggunaan internet dari keluarga atau teman.
10. Berani mengorbankan apapun demi koneksi internet, contohnya dia berani mencuri uang demi internet, ada juga yang membunuh hanya demi koneksi internet.
11. kurang peka terhadap keadaan sekitar, selain itu karena kurang gerak maka biasanya orang yang kecanduan internet dimungkinkan lebih mudah terjangkit berbagai penyakit.

No comments:

Post a Comment